1013127007, BORIN EDI SUMITRO (2012) UPAYA PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN ALAT BANTU GAMBAR DAN CERITA DI KELAS 2 SD NEGERI 1 BABAKAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (183Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover depan.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI2.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran matematika kelas II di SD Negeri 1 Babakan kurang memanfaatkan alat bantu. Aktivitas dan hasil belajar siswa pun rendah. Hal ini terlihat dari 32 siswa, sebanyak 13 siswa atau 40,63% siswa belum mencapai KKM. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar yang diharapkan guru tidak memenuhi indikator keberhasilan sebesar 75% nilai siswa diatas KKM yaitu sebesar 65 dengan nilai rata-rata kelas 57,34. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran dengan alat bantu gambar dan cerita. Alat bantu gambar dan cerita berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari. Jika pembelajaran matematika menggunakan alat bantu gambar dan cerita dengan prinsip-prinsip yang tepat, maka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 1 Babakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data berupa instrument soal dan lembar observasi. Jenis data dalam penelitian bersifat kualitatif dan kuantitatif. Kinerja guru dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan alat bantu gambar dan cerita pada siklus I cukup baik (61,25) dan siklus II baik (78,33). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif pada siklus I mencapai 70,32% dan siklus II 79,69%. Hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 65,63% dengan rata-rata kelas 70,00 dan siklus II 87,5% dengan rata-rata kelas 80,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan alat bantu gambar dan cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 2 SD Negeri 1 Babakan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:03 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15187 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |