1013127010, ENDRALELA (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 WAYHALOM TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (219Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL JUDUL.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (26Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Wayhalom pada mata pelajaran IPA khususnya materi pesawat sederhana. Terbukti dari 28 siswa, yang tuntas hanya 12 siswa (42,86%) dan selebihnya 16 siswa (57,14%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas hanya mencapai 51,40. Tujuan penelitian ini Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Wayhalom dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Wayhalom yang berjumlah 28 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan observasi. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan instrumen observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas secara berturut-turut yaitu 59,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 53,57% dan 73,39 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,71%. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya, yaitu 61,11% dengan kategori cukup aktif, dan 80,5% dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri I Wayhalom.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:03 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15188 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |