1013127020, KARWIYAH (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PRAKTIKUM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI BANJAR AGUNG UDIK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (235Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL JUDUL.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (25Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Banjar Agung Udik pada pembelajaran IPA. Dari keseluruhan jumlah siswa kelas V (11 siswa) yang mencapai KKM (60) hanya 4 siswa atau 36% sedangkan selebihnya yaitu 7 siswa atau 64% belum mencapai KKM, dengan nilai rata-rata kelas hanya 53,50. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Banjar Agung Udik dengan menerapkan model pembelajaran praktikum tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Banjar Agung Udik yang berjumlah 11 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes evaluasi tertulis dan observasi. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan instrumen observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas secara berturut-turut yaitu 59,91 dengan persentase ketuntasan sebesar 45,45% dan 75,91 dengan persentase ketuntasan sebesar 90,90%. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu 45,71% dengan kategori kurang aktif dan 74,29% dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran praktikum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Banjar Agung Udik tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:03 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15190 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |