J. Harianja, TALENTA NAULI HARIANJA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Bandarlampung Tahun Ajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (333Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (677Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (3416Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada kelas VII SMP Negeri 7 Bandarlampung dengan menggunakan model Group Investigation. Desain penelitian ini adalah pretes-posttes kelompok non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir, serta lembar observasi aktivitas siswa, yang dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney-U pada taraf kepercayan 95% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 79,68% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction yaitu 75,54%. Aktivitas Talenta Nauli Harianja ii belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi (pertemuan I = 78,83% dan pertemuan II = 83,30%) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (pertemuan I = 62,39% dan pertemuan II = 64,32%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif Group Investigation, hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, pencemaran dan kerusakan lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 09 May 2014 07:55 |
Terakhir diubah: | 09 May 2014 07:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1521 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |