PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Bandarlampung Tahun Ajaran 2012/2013)

J. Harianja, TALENTA NAULI HARIANJA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Bandarlampung Tahun Ajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (333Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (677Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3416Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada kelas VII SMP Negeri 7 Bandarlampung dengan menggunakan model Group Investigation. Desain penelitian ini adalah pretes-posttes kelompok non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir, serta lembar observasi aktivitas siswa, yang dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney-U pada taraf kepercayan 95% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 79,68% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction yaitu 75,54%. Aktivitas Talenta Nauli Harianja ii belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi (pertemuan I = 78,83% dan pertemuan II = 83,30%) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (pertemuan I = 62,39% dan pertemuan II = 64,32%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif Group Investigation, hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, pencemaran dan kerusakan lingkungan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 09 May 2014 07:55
Last Modified: 09 May 2014 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item