PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 PHASE DENGAN LEARNING CYCLE 3 PHASE (Kuasi Eksperimen Pada Kelas XI IPA SMAN 13 Bandar Lampung)

0613023011, SEPTIYANI (2012) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP LAJU REAKSI ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 PHASE DENGAN LEARNING CYCLE 3 PHASE (Kuasi Eksperimen Pada Kelas XI IPA SMAN 13 Bandar Lampung). Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (498Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER NEW.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN dan SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (292Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (503Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1 New.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2 New.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3 New.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4 New.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (804Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan guru Kimia yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung, diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru masih dominan menggunakan metode ceramah. Siswa lebih banyak menerima informasi dari guru, sehingga siswa kurang memiliki berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep. Salah satu upaya untuk membantu siswa memahami konsep dan mengoptimalkan peran siswa dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5 phase (LC 5 phase) dan learning cycle 3 phase (LC 3 phase). Model pembelajaran ini berpusat pada siswa, sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan rata-rata penguasaan konsep laju reaksi antara penerapan pembelajaran LC 5 phase dengan pembelajaran LC 3 phase. (2) rata-rata penguasaan konsep laju reaksi mana yang lebih tinggi antara penerapan pembelajaran LC 5 phase dengan pembelajaran LC 3 phase. Desain dalam penelitian ini adalah nonequivalent pre test – post test control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai pre test dan post test. Analisis data menggunakan rumus N-Gain. Uji hipotesis menggunakan uji two independent samples test (uji dua sampel independen) berdasarkan uji Mann-Whitney U dan uji Kruskal Wallis menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan rata- rata penguasaan konsep laju reaksi antara penerapan pembelajaran LC 5 phase dengan pembelajaran LC 3 phase. (2) rata-rata penguasaan konsep laju reaksi dengan penerapan pembelajaran LC 5 phase lebih tinggi daripada pembelajaran LC 3 phase.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:04
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15220

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir