Suparman, YULIA SUSIDAWATI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PENGUASAAN MATERI SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu Tahun Ajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (279Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (732Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (6Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah akibatnya kurang merangsang aktivitas dan penguasaan materi siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII1 dan VII2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai pretest, posttest, dan n-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf Yulia susidawati iii kepercayaan 95% dan data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa. Penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain (69,75) lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol (46,69). Peningkatan indikator penguasaan materi oleh siswa dengan kriteria tinggi yakni indikator mengingat dan analisis. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase pada kelas eksperimen (82,22) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (66,66). Aspek konsentrasi saat proses pembelajaran merupakan aktivitas dengan kriteria sangat tinggi. yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran talking stick. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci: Talking stick, penguasaan materi, ekosistem.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 09 May 2014 07:55 |
Terakhir diubah: | 09 May 2014 07:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1527 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |