PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 YOGYAKARTA KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2012 / 2013

1113119027, ROHIMAN (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 YOGYAKARTA KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (305Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (215Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (505Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (257Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ROHIMAN PTK COVER.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (326Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN TEMAN SEJAWAT ROHIMAN.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Yogyakarta Kec. Gadingrejo pada pembelajaran IPA. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Masing-masing siklus dilakukan melalui 4 tahapan kegiatan yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi menggunakan lembar / panduan observasi dan tes, menggunakan soal-soal tes. Selanjutnya data dianalisis dengan pendekatan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus 2 93,40%, sehingga terjadi peningkatan 33,40%. Demikian pula dengan hasil belajar siswa siklus I sebesar 63,33 dan pada siklus 2 sebesar 78,33 sehingga terjadi peningkatan 15.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:01
Last Modified: 07 Dec 2015 02:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15314

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir