Abriwansari, Berlina (2014) PENURUNAN KECEMASAN SISWA SAAT BERKOMUNIKASI DENGAN GURU MENGGUNAKAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK RELAKSASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGRI 1 WAY LIMA TA 2012-2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (382Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (478Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (559Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (596Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (841Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (463Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (184Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kecemasan saat berkomunikasi dengan guru. Permasalahannya “Apakah kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru dapat diturunkan menggunakan pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik relaksasi pada siswa kelas XI SMA Negri 1 Way Lima Tahun Ajaran 2012-2013?”. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian quasi eksperimen desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian enam orang siswa kelas XI yang mengalami kecemasan tinggi saat berkomunikasi dengan guru. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru mengalami penurunan setelah pemberian treatment. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan nilai P (presentase peningkatan) sebesar -51%, yang artinya tingkat kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru menurun sebesar 51%. Kesimpulan dari penelitian, penggunaan pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik relaksasi dapat menurunkan tingkat kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru. Saran yang diberikan: (1) Siswa yang memiliki kecemasan tinggi saat berkomunikasi dengan guru hendaknya mengikuti layanan konseling pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik relaksasi. (2) Guru Bimbingan dan Konseling hendaknya menggunakan layanan konseling pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik relaksasi untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan siswa saat berkomunikasi dengan guru. (3) Bagi peneliti lain yang meneliti masalah kecemasan dapat melakukan penelitian dengan treatment berbeda yang dapat digunakan untuk menangani masalah kecemasan. Kata kunci: cognitive behavior therapy, kecemasan siswa saat berkomunikasi, relaksasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HE Transportation and Communications > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 09 May 2014 07:56 |
Terakhir diubah: | 09 May 2014 07:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1532 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |