UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

0543023024, PUTRI WINA ADITYA (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (76Kb) | Preview

Abstrak

Hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung mengenai hasil belajar kimia siswa pada materi pokok laju reaksi tahun pelajaran 2008-2009 belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, yaitu hanya 62,5% siswa yang memperoleh nilai 65. Hasil observasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA5 SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009-2010 sebelum materi pokok laju reaksi yaitu pada materi pokok termokimia masih rendah, belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, yaitu hanya 34,3% siswa yang mendapat nilai 65. Aktivitas belajar dan keterampilan dalam melakukan eksperimen juga masih rendah. Salah satu metode yang dapat dijadi-kan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar adalah metode kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan (1) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, (2) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase kete-rampilan siswa, (3) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase rata-rata penguasaan konsep laju reaksi siswa, (4) pembelajaran koope-ratif teknik NHT dalam ketercapaian ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian ini berupa data aktivitas on task siswa, data keterampilan siswa dalam melakukan eksperimen, data kinerja guru, dan data penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik NHT pada materi pokok laju reaksi dapat (1) meningkatkan persentase setiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus ke siklus, (2) meningkatkan persentase nilai keterampilan siswa dalam melakukan eksperimen kimia dari siklus I ke siklus II, (3) mening-katkan persentase rata-rata penguasaan konsep laju reaksi siswa dari siklus ke sik-lus, dan (4) meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi pokok laju reaksi. Kata kunci: pembelajaran kooperatif teknik NHT, hasil belajar siswa

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: tik7 . Unila
Date Deposited: 08 Dec 2015 09:00
Last Modified: 08 Dec 2015 09:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15342

Actions (login required)

View Item View Item