0543023024, PUTRI WINA ADITYA (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab I.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (179Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (76Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung mengenai hasil belajar kimia siswa pada materi pokok laju reaksi tahun pelajaran 2008-2009 belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, yaitu hanya 62,5% siswa yang memperoleh nilai 65. Hasil observasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA5 SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009-2010 sebelum materi pokok laju reaksi yaitu pada materi pokok termokimia masih rendah, belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, yaitu hanya 34,3% siswa yang mendapat nilai 65. Aktivitas belajar dan keterampilan dalam melakukan eksperimen juga masih rendah. Salah satu metode yang dapat dijadi-kan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar adalah metode kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan (1) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, (2) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase kete-rampilan siswa, (3) pembelajaran kooperatif teknik NHT dalam meningkatkan persentase rata-rata penguasaan konsep laju reaksi siswa, (4) pembelajaran koope-ratif teknik NHT dalam ketercapaian ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian ini berupa data aktivitas on task siswa, data keterampilan siswa dalam melakukan eksperimen, data kinerja guru, dan data penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik NHT pada materi pokok laju reaksi dapat (1) meningkatkan persentase setiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus ke siklus, (2) meningkatkan persentase nilai keterampilan siswa dalam melakukan eksperimen kimia dari siklus I ke siklus II, (3) mening-katkan persentase rata-rata penguasaan konsep laju reaksi siswa dari siklus ke sik-lus, dan (4) meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi pokok laju reaksi. Kata kunci: pembelajaran kooperatif teknik NHT, hasil belajar siswa
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 09:00 |
Terakhir diubah: | 08 Dec 2015 09:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15342 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |