EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP

0743023013, Dian Eka Puspita Sari (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. PERNYATAAN.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. cover dalam.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. penyetujuan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. MENGESAHKAN.pdf

Download (3660b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Persembahan2.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (356Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (495Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
dafus.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Di dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disebutkan bahwa pen-didikan ilmu sains merupakan tempat bagi siswa untuk mempelajari dirinya sen-diri dan alam sekitar, sehingga siswa perlu dibantu mengembangkan sejumlah keterampilan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Ketepatan memilih dan menerapkan model pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat keterampilan proses sains (mengkomunikasikan, inferensi) dan penguasaan konsep. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran learning cycle 3E pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Model pembelajaran learning cycle 3E terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination) dan Fase penerapan konsep (elaboration). Sampel diambil menggunakan teknik pusposive sampling. Diperoleh kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yang menggunakan nonequivalen pretes postest group design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengkomunikasi-kan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,34 dan 0,24 kemudian rerata N-gain keterampilan inferensi 0,37 dan 0,29 sedangkan rerata N-gain untuk penguasaan konsep adalah 0,28 dan 0,21. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki rerata N-gain keterampilan proses sains dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembela-jaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : Penguasaan konsep, keterampilan proses sains (mengkomunikasi-kan dan inferensi), pembelajaran learning cycle 3E.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 08 Dec 2015 08:58
Terakhir diubah: 08 Dec 2015 08:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15377

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir