0743023013, Dian Eka Puspita Sari (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP. Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. PERNYATAAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. cover dalam.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. penyetujuan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. MENGESAHKAN.pdf Download (3660b) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Persembahan2.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (356Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (495Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
dafus.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Di dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disebutkan bahwa pen-didikan ilmu sains merupakan tempat bagi siswa untuk mempelajari dirinya sen-diri dan alam sekitar, sehingga siswa perlu dibantu mengembangkan sejumlah keterampilan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Ketepatan memilih dan menerapkan model pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat keterampilan proses sains (mengkomunikasikan, inferensi) dan penguasaan konsep. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran learning cycle 3E pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Model pembelajaran learning cycle 3E terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination) dan Fase penerapan konsep (elaboration). Sampel diambil menggunakan teknik pusposive sampling. Diperoleh kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yang menggunakan nonequivalen pretes postest group design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengkomunikasi-kan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,34 dan 0,24 kemudian rerata N-gain keterampilan inferensi 0,37 dan 0,29 sedangkan rerata N-gain untuk penguasaan konsep adalah 0,28 dan 0,21. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki rerata N-gain keterampilan proses sains dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembela-jaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : Penguasaan konsep, keterampilan proses sains (mengkomunikasi-kan dan inferensi), pembelajaran learning cycle 3E.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 08:58 |
Terakhir diubah: | 08 Dec 2015 08:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15377 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |