Hi.Pangku M Idrus, EMA WIDYA SARI (2013) PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI CARA BELAJAR AKTIF DAN EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (257Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (116Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (192Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (905Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan informasi cara belajar aktif dan efektif?” Metode penelitan ini adalah Quasy-eksperimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian berjumlah enam orang siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan layanan informasi cara belajar aktif dan efektif pada siswa kelas VII SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukan dari perhitungan perubahan aktivitas belajar sebelum dan sesudah diberikannya layanan informasi dengan menggunakan uji t-test, diperoleh thitung = 8,94, lebih besar dibandingkan dengan ttabel 0,05(6) = 2,015. Karena t hitung > t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak.Yang berarti layanan informasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang lebih baik dari sebelumnya setelah dilakukan layanan informasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan informasi cara belajar aktif dan efektif dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas VII SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012-2013. Saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada konselor sekolah, hendaknya konselor sekolah dapat lebih memperhatikan perkembangan siswa dan memberikan layanan informasi tentang pentingnya aktivitas belajar agar siswa dapat meningkatkan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, (2) saran kepada siswa, hendaknya dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga hasil belajar dapat meningkat, dapat merubah suasana kelas menjadi lebih aktif, dan dapat lebih fokus dalam menerima materi yang diberikan oleh guru di dalam kelas. Kata kunci: aktivitas belajar siswa, layanan informasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > Arsitektur angkatan laut . Pembuatan kapal. rekayasa kelautan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 09 May 2014 07:56 |
Terakhir diubah: | 16 Apr 2015 06:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1538 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |