0743023026, Indri Syafitri Alam EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI HUKUM - HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP. Digital Library.
|
File PDF
BAB I.pdf Download (207Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (260Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
File PDF
lanjutan bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (232Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1.COVER.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.COVER IN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.menyetujui.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6.MENGESAHKAN.pdf Download (3747b) | Preview |
|
|
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9.M O T T O.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8.PERSEMBAHAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.SANWACANA.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12.DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11.DAFTAR ISI.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (403Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh model yang efektif pada materi hukum-hukum dasar kimia dalam meningkatkan keterampilan meng-komunikasikan dan penguasaan konsep. Model pembelajaran Learning Cycle 3E adalah salah satu model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) Fase eksplorasi(exploration); (2) Fase penjelasan konsep (explaination);(3) Fase penerapan konsep(elaboration). Metode eksperimen tidak pernah dilakukan di SMA Negeri 4 Bandar Lampung karena hanya dilakukan metode ceramah dan latihan soal. Selain itu jika metode ceramah sering digunakan dapat membuat bosan dan cenderung membuat siswa pasif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Bandar Lampung kelas X3 dan X5 semester genap Tahun Pelajaran 2011-2012 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan nilai rata-rata N-gain. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pem-belajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 08:58 |
Terakhir diubah: | 08 Dec 2015 08:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15380 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |