PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0743031027, Nur Ukhti Alfath PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BaB 2.pdf

Download (243Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BaB 3.pdf

Download (513Kb) | Preview
[img] File PDF
BaB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (595Kb)
[img]
Preview
File PDF
BaB 5.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSRAK.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover2.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Gambar.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Tabel.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
surat pernyataan.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan pembelajaran yang diwujutkan dalam bentuk skor atau angka setelah mengikuti tes dari proses belajar. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, siswa harus menggali potensi yang berasal dari dalam maupun luar diri siswa. Selain itu, hasil belajar juga dipengaruhi oleh potensi dari diri siswa berupa keinginan belajar serta motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya aktivitas siswa di kelas dalam belajar dan metode mengajar guru yang kurang bervariasi. Permasalahan dalam penelititan ini adalah “Apakah ada pengaruh aktivitas belajar dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/201?’’. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi. (3) Untuk mengetahui pengaruh positif aktivitas belajar dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar LampungTahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester ganjil SMA Muhammadiyah 2 Bandar lampung sebanyak tiga kelas dengan jumlah seluruh siswa 102 siswa. Teknik pengambilan smpel yaitu proporsional random sampling dengan meggunakan rumus Cochran didapat sebanyak 80 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriftif verifikatif dengan menggunakan ex post facto dan survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Ada pengaruh aktivitas belajar dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Muhammadiyah 2 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2010/2011, Berdasarkan analisis data diperoleh F hitung 26,701 > F tabel 3,115 yang ditujukan dengan regresi linier multiple diperoleh R2 = 0,410 pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh aktivitas belajar dan metode mengajar guru di sekolah sebesar 41,0%. Saran berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa hendaknya siswa lebih meningkatkan aktivitas belajar di kelas, memperhatikan materi yang sedang dijelaskan oleh guru dan mengikuti setiap kegiatan pelajaran yang ada di sekolah dengan baik. Hendaknya guru dalam mengajar di kelas menggunakan metode-metode yang bervariasi sehingga siswa akan lebih semangat dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas tanpa melupakan materi yang akan disampaikan, sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 10 Dec 2015 04:05
Terakhir diubah: 10 Dec 2015 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15400

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir