0713056306, Kasihani PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN PETA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN RAJA BASA LAMA 2 KECAMATAN LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (194Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM+COVERLUAR.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (60Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini berawal dari belum digunakan media pembelajaran yang sesuai dalam pembelajaran IPS sehingga pembelajaran bersifat verbalisme. Berdasarkan latar belakang di atas perlu diadakan perbaikan kualitas pembelajaran IPS dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran di kelas IV, salah satu media yang dapat digunakan adalah peta. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga peta dalam pembelajaran IPS Kelas IV SDN Raja Basa Lama 2 Kecamatan Labuhan Ratu. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus melalui langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen hasil belajar siswa, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan peta tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dari rangkaian tindakan yang telah dilaksanakan tampak adanya perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas siswa misalnya, siswa menggunakan peta untuk mencari informasi baru, siswa bereaksi (mendebat setuju atau tidak setuju) terhadap jawaban temannya, siswa terlibat langsung dalam beragam kegiatan kelas selama pembelajaran. Penggunaan peta tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS. Dari hasil tes formatif dari siklus I dan siklus II ditemukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Rata-rata hasil belajar siklus I 71,43 menjadi 76,72 pada siklus II atau meningkat 5,29. Ketuntasan belajar siswa dari 26 siswa (89%) menjadi 28 siswa (97%) atau meningkat 2 siswa (8%). Dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran IPS, guru dapat menggunakan media peta. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, peta
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 10 Dec 2015 04:08 |
Terakhir diubah: | 10 Dec 2015 04:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15441 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |