PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIC DI SMP NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, Bambang Waluyo (2011) PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIC DI SMP NEGERI 4 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
cover dalam.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERYATAAN.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (194Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (316Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1008Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa SMP melalui media komputer. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan di SMP Negeri 4 Metro pada semester ganjil tahun pelajaran 2010-2011, kelas VIIIC dengan jumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi dengan skala likert, soal test dan pengamatan pada guru peneliti oleh kolaborator, selanjutnya data yang diperoleh diklasifikasi dan dikategorisasikan. Hasil data motivasi dan prestasi dihitung dengan prosentasi, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan mitra sejawat. Motivasi dan prestasi belajar siswa dari siklus 1 sampai siklus 3 menunjukan perubahan yang baik, motivasi ditunjukan dari hasil pengamatan pada proses pembelajaran yang mengarah kepada perubahan positif, dari siswa yang mempunyai motivasi rendah dengan respon yang kurang baik dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas berubah menjadi motivasi tinggi sehingga pembelajaran dikelas lebih hidup karena menggunakan media komputer. Nilai rata-rata yang didapat dari siklus 1, 2 dan 3 menunjukan adanya peningkatan dengan kriteria minimal yang ditetapkan adalah 75. Karena nilai siswa sudah mencapai target pada siklus ini. Peneliti menghentikan tindakan dan dapat menyimpulkan bahwa dengan media komputer dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 4 Metro. Kata kunci : media, motivasi, prestasi

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 May 2014 03:47
Last Modified: 09 May 2014 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item