PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG PRAKTIKUM MELALUI SIMULASI KOMPUTER DENGAN HAND ON DI KELAS X SEMESTER GANJIL SMAN 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0543022012, Joko Nugroho PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG PRAKTIKUM MELALUI SIMULASI KOMPUTER DENGAN HAND ON DI KELAS X SEMESTER GANJIL SMAN 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (19Mb) | Preview
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8Mb)
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (648Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (728Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (91Kb) | Preview

Abstrak

Dalam belajar fisika hendaknya fakta dan konsep dan prinsip-rinsip fakta tidak di terima secara prosedural tanpa pemahman dan penalaran. Dukungan praktikum menjadi salah satu alternatif untuk menjelaskan konsep serta prinsip-prinsip yang telah mapan. Banyak model praktikum yang digunakan dalam dunia pendidikan diantaranya adalah praktikum hand on dan praktikum simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingankan rata-rata hasil belajar yang praktikum hand on dengan siswa yang berpraktikum simulasi. Pada sampel pertama (kelas X1) model praktikum yang diberikan adalah model hand on kemudian sampel kedua (kelas X3) diberikan model praktikum simulasi. Data hasil belajar siswa di ukur menggunakan hasil tes atau uji blok. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dilakukan perhitungan dengan bantuan program SPSS 16,0. awalnya data akan di ukur tingkat kenormalannya menggunakan menggunakan uji I-Sampel Kolmogrof Smirnov . Setelah data hasil belajar di anggap normal dilanjutkan uji homogenitas dan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil belajar serta untuk menjawab hipotesis digunakan uji Indepndent Sample-T Test dengan perbandingkan nilai Sig (-tailed) dengan a. Uji normalitas data di dapat nilai probabilitas atau Asym.Sig (2-tailed) 0,027. Ini berarti nilai Asym.Sig (2-tailed) lebih besar dari nilai a, nilai a yang digunakan adalah 0,025 sehingga data hasil belajar berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai sig pada hasil belajar sebesar 0,668. data penilaian mempunyai variansi yang homogen karena nilai sig > α (0,05). Dan pada uji Indepndent Sample-T Test nilai Sig. (2-tailed) 0.312, berarti nilai signifikansinya lebih besar dari nilai α (0,025) sehingga terima H0 dan Ha di tolak. Dari nilai tersebut sudah dapat ditentukan jawaban dari hipotesis yang diajukan yakni tidak ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang praktikum dengan menggunakan simulasi komputer dengan siswa yang menggunakan hand on. Kata kunci: model praktikum, praktikum hand on ,praktikum simulasi, , hasil belajar siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:59
Last Modified: 14 Dec 2015 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15524

Actions (login required)

View Item View Item