PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG PRAKTIKUM MELALUI SIMULASI KOMPUTER DENGAN HAND ON DI KELAS X SEMESTER GANJIL SMAN 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0543022012, Joko Nugroho PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG PRAKTIKUM MELALUI SIMULASI KOMPUTER DENGAN HAND ON DI KELAS X SEMESTER GANJIL SMAN 1 SEPUTIH AGUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (19Mb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (648Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (728Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (91Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam belajar fisika hendaknya fakta dan konsep dan prinsip-rinsip fakta tidak di terima secara prosedural tanpa pemahman dan penalaran. Dukungan praktikum menjadi salah satu alternatif untuk menjelaskan konsep serta prinsip-prinsip yang telah mapan. Banyak model praktikum yang digunakan dalam dunia pendidikan diantaranya adalah praktikum hand on dan praktikum simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingankan rata-rata hasil belajar yang praktikum hand on dengan siswa yang berpraktikum simulasi. Pada sampel pertama (kelas X1) model praktikum yang diberikan adalah model hand on kemudian sampel kedua (kelas X3) diberikan model praktikum simulasi. Data hasil belajar siswa di ukur menggunakan hasil tes atau uji blok. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dilakukan perhitungan dengan bantuan program SPSS 16,0. awalnya data akan di ukur tingkat kenormalannya menggunakan menggunakan uji I-Sampel Kolmogrof Smirnov . Setelah data hasil belajar di anggap normal dilanjutkan uji homogenitas dan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil belajar serta untuk menjawab hipotesis digunakan uji Indepndent Sample-T Test dengan perbandingkan nilai Sig (-tailed) dengan a. Uji normalitas data di dapat nilai probabilitas atau Asym.Sig (2-tailed) 0,027. Ini berarti nilai Asym.Sig (2-tailed) lebih besar dari nilai a, nilai a yang digunakan adalah 0,025 sehingga data hasil belajar berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai sig pada hasil belajar sebesar 0,668. data penilaian mempunyai variansi yang homogen karena nilai sig > α (0,05). Dan pada uji Indepndent Sample-T Test nilai Sig. (2-tailed) 0.312, berarti nilai signifikansinya lebih besar dari nilai α (0,025) sehingga terima H0 dan Ha di tolak. Dari nilai tersebut sudah dapat ditentukan jawaban dari hipotesis yang diajukan yakni tidak ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang praktikum dengan menggunakan simulasi komputer dengan siswa yang menggunakan hand on. Kata kunci: model praktikum, praktikum hand on ,praktikum simulasi, , hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:59
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15524

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir