HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS DENGAN KECAKAPAN BERFIKIR RASIONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

0743022034, MASDALENA HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS DENGAN KECAKAPAN BERFIKIR RASIONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (273Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sampai saat ini, pendidikan di Indonesia masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, sehingga guru sering mengabaikan pengetahuan awal siswa. Dengan penerapan pembelajaran CTL diharapkan akan berpengaruh pada aktivitas dan kecakapan berfikir rasional siswa.Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui Hubungan Antara Aktivitas Dengan Kecakapan Berfikir Rasional Siswa Pada Pembelajaran CTL. Penelitian ini bertujuan untuk: mengidentifikasi hubungan antara aktivitas dengan kecakapan berfikir rasional siswa pada pembelajaran CTL. Penelitian ini dilakukan di SMA Bina Mulya Bandar Lampung, menggunakan satu kelas ekperimen (kelas X2) dengan jumlah sampel 39 siswa. Pada saat proses pembelajaran berlangsung guru mengamati aktivitas belajar siswa. Setelah tiga kali pertemuan tatap muka dengan menggunakan pembelajaran CTL dilakukan tes kecakapan berfikir rasional dengan menggunakan soal kecakapan berfikir rasional siswa yang kemudian diolah dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas dengan kecakapan berfikir rasional siswa dan hubungannya kuat dengan nilai r hitung sebesar 0,756. So far, education in Indonesia is still dominated by teacher oriented classroom as main source of knowledge, so that teachers often ignore student’s initial knowledge. The application of CTL learning is expected to influence students’ rational thinking activities and skills. Based on this background, the researcher conducts a research to find out the correlation between activities and student’s rational thinking skill in CTL learning. The objective of this research is to identify the correlation between activities and student’s rational thinking skill in CTL learning. This research was conducted in Bina Mulya Senior High School in Bandar Lampung by using one experiment classroom (classroom X2) with 39 students as samples. Teacher observed the students’ learning activities when the learning process is taking place. After three times of meeting by using CTL learning, tests for rational thinking skill were conducted by using student’ rational thinking problems that were subsequently processed with correlation tests. The results show that there is a positive and significant correlation between activity and student’s rational thinking skill, and the correlation is strong and it is indicated by value of rcount of 0.756.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:57
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir