0613054001, ARTIJAH (2010) PENGGUNAAN VCD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.
|
File PDF
1.pdf Download (4021Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
2.pdf Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
5.pdf Download (567Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
File PDF
4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (11Mb) |
||
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (4071b) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (65Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Nilai rata-rata ulangan umum kelas IV SD Negeri 9 Metro Timur semester II tahun pelajaran 2008/2009 rendah yaitu baru mencapai rata-rata 59 sedangkan . Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 63. maka nilai tersebut masih dibawah dari yang diharapkan. Kurangnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan belum tercapainya target keberhasilan siswa tuntas yang ingin dicapai. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Variasi pembelajaran matematika juga perlu mengikuti paradigma dalam dunia pendidikan. Salah satu pembelajaran modern yang mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi adalah pembelajaran dengan menggunakan multimedia, salah satunya menggunakan VCD interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 9 Metro Timur tahun pelajaran 2009/2010. Faktor yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, A R T I J A H pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, catatan lapangan dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan 100% siswa tergolong siswa aktif, dan adanya peningkatan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan siswa tuntas dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,18% yaitu dari 72,72% menjadi 90,90%. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu persentase siswa aktif meningkat setiap siklusnya dan sekurangkurangnya persentase siswa tuntas mencapai 70% maka persentase aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai target yang ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan VCD interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 9 Metro Timur tahun pelajaran 2009/2010. Oleh karena itu disarankan kepada guru atau pihak yang berkepentingan dengan pembelajaran matematika untuk menerapkan pembelajaran menggunakan VCD interaktif sebagai salah satu alternatif pembelajaran. Dan untuk meningkatkan meningkatkan efektivitas pembelajaran maka disarankan agar guru lebih membimbing siswa, dan memotivasi siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pembelajaran menggunakan VCD interaktif
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:57 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15547 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |