PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0643031024, Lailul Fauziah PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
1.pdf

Download (10Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
5.pdf

Download (1232Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
3.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTTO.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
2.pdf

Download (20Mb) | Preview
[img] FIle PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (28Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (719Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (67Kb) | Preview

Abstrak

Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, karena pendidikan akan dapat mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan bangsa Indonesia. Disamping itu akan terwujud sumber daya manusia yang terampil, potensial dan berkualitas sebagai pelaksanaan pembangunan dalam upaya mewujudkan tujuan nasional. Sumber daya manusia dapat terwujud dengan optimal sesuai dengan harapan melalui pendidikan karena dengan pendidikan siswa belajar berbagai hal tentang ilmu pengetahuan. Sehingga dengan belajar diharapkan siswa yang nantinya merupakan generasi penerus bangsa tumbuh berkembang menjadi manusia terampil, potensial dan berkualitas. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010, dapat dikatakan bahwa hasil belajar IPS Terpadu yang dicapai oleh siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pada penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung diantaranya Lingkungan keluarga dan lingkungan Sekolah. Dengan demikian penelitian ini mengkaji tentang ” Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ” Apakah ada pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif varifikatif dengan pendekatan ex post pacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung berjumlah 190 siswa dengan jumlah sampel 129 siswa, yang diambil dengan teknik sampel random sampling. Teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Untuk menguji hipotesis satu dan dua menggunakan model regresi linier sederhana dan multipel. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa t hitung > t tabel atau 7,415 > 1,990 2. Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa t hitung > t tabel atau 8,713 > 1,990 3. Ada pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa t hitung > t tabel atau 53,378 > 3,065.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:57
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15556

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir