HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA OLEH GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0413031056, KETUT SURYANI (2010) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA OLEH GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
I.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] Text
IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399Kb)
[img]
Preview
Text
Judul Skripsi.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
V.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Metode mengajar dan pemanfaatan media merupakan komponen dalam proses belajar mengajar yang tidak dapat dilepaskan atau dipisah-pisahkan. Berlangsungnya proses pembelajaran harus didorong oleh keinginan siswa belajar atau merubah sesuatu menjadi lebih baik. Tetapi pada kenyataanya banyak siswa memiliki motivasi yang masih rendah untuk belajar, hal ini dipengaruhi oleh berbagi faktor di sekolah khususnya. Untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa tersebut sangatlah sulit karena berhubungan erat dengan diri sendiri atau psikologi seseorang. Penggunan metode mengajar tepat dan bervariasi serta pemanfatan media belajar yang optimal merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan pemanfaatan media oleh guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. h ada hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar dan pemanfaatan media oleh guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex Post Facto dan tergolong sebagai penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah 148 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus T. Yamane sebanyak 108 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simpel random sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi dan penyebaran kuesioner kepada sampel. Pengujian hipotesis menggunakan Korelasi Product Moment dan Korelasi Multiple. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ternyata koefisien korelasi (R) sebesar 0,671 dengan F hitung >F tabel yaitu F hitung = 42,883 dan F tabel = F (0,05/2) (dk=108-2-1) = 3,08. Dengan demikian maka H o ditolak dan H a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar dan pemanfaatan media oleh guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:50
Last Modified: 14 Dec 2015 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15600

Actions (login required)

View Item View Item