PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN 4 MERAK BATIN NATAR TAHUN 2009/ 2010

0713056121, SURAHMIN (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN 4 MERAK BATIN NATAR TAHUN 2009/ 2010. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V Rekomendasi dan Saran.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
FOLDER 1 ANALISIS (PENDAHULUAN).pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
FOLDER 2 ( RANCANGAN PTK).pdf

Download (242Kb) | Preview
[img] File PDF
FOLDER 4 (HASIL PTK SIKLUS 2).pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (226Kb)
[img]
Preview
File PDF
FOLDER 3 (HASIL PTK SIKLUS 1).pdf

Download (323Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Judul e.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SDN 4 Merak Batin kualitas hasil belajar IPA kelas IV masih dibawah KKM untuk itu laporan e-TA ini bertujuan untuk peningkatan kualitas hasil pembelajaran IPA. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kerja kelompok dalam membahas dan memahami Kompetensi Dasar yang diajarkan di kelas IV semester genap yaitu: Membuat karya/model untuk menunjukan perubahan energy gerak akibat pengaruh udara/angin. Penelitian dilakukan di SDN 4 Merak Batin, Natar, Lsampung Selatan dengan subyek penelitian adalah hasil belajar siswa yang sejumlah 24 siswa melalui metode kerja kelompok yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Waktu penelitian adalah pada semester genap, Tahun Pelajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua siklus yang pada setiap siklus diawali dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, serta refleksi. Tehnik Pengumpulan Data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data dalam e-TA ini digunakan dengan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA digunakan lembar evaluasi/tes. Dari hasil analisa data menunjukan bahwa penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 4 Merak Batin, Natar Tahun Pelajaran 2009/2010. Dengan nilai rata-rata pada siklus 1 (6,77) menjadi (7,22) pada siklus 2. Penggunaan metode kerja kelompok pada mata pelajar IPA di SDN 4 Merak Batin, Natar kelas IV Tahun Pelajaran 2009/2010 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:48
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir