Akhir Samsul Rizal, Johan Ferdiansyah (2014) PENGARUH PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA BELAJAR SEKOLAH DAN AKTIVITAS DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Cover Dalam.pdf - Published Version Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyutujui.pdf - Published Version Download (868Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (1396Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Download (498Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf - Published Version Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf - Published Version Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf - Published Version Download (451Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (491Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (1102Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
SMA Negeri 1 Pagelaran merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang diharapkan dapat membantu menyukseskan program pemerintah dalam bidang pendidikan. Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pagelaran diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi masih tergolong rendah, yaitu dari 99 siswa terlihat hanya 16 siswa atau 17,67% siswa yang mendapat nilai 65 - 100, dan berarti 82,33% atau sebanyak 83 siswa memperoleh nilai 0 - 65. Dengan kata lain, hanya 17,67% bahan pelajaran Mata Pelajaran Ekonomi yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantaranya banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga faktor-faktor sarana dan prasarana belajar sekolah dan aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa memiliki peranan penting terhadap tinggi rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh sarana dan prasarana belajar sekolah dan aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 99 siswa dengan sampel 99 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan computer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi linear sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan regresi linear multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. (1).Ada pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana belajar sekolah terhadap hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pagelaran Tahun Pelajaran 2012/2013. (2). Ada pengaruh aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa terhadap hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pagelaran Tahun Pelajaran 2012/2013. (3). Ada pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana belajar sekolah dan aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa terhadap hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pagelaran Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 09 May 2014 07:58 |
Terakhir diubah: | 09 May 2014 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1568 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |