0823011117, Sri Hapsari Susilowati PEMANFAATAN MEDIA MANIPULATIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SEPANG JAYA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
1. Cover.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstract English.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. pengesahan.pdf Download (212Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. abstract Indo.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Persembahan.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Motto.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Daftar Isi.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Daftar Tabel.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Daftar Gambar.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1 edit ok.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2 edit jan 2013.pdf Download (310Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3 edit ok bgtttt.pdf Download (343Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV fix.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (299Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: (1) desain perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media manipulatif melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) (2) aktifitas belajar dengan media manipulatif melalui PMR (3) sistem evaluasi pembelajaran melalui PMR menggunakan media manipulatif (4) peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media manipulatif melalui PMR. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas 4A dan kelas 4B Sekolah Dasar Negeri 1 Sepang Jaya Tahun Pelajaran 2009/2010 terdiri 60 siswa, melalui tiga siklus. Tindakan yang dilakukan pada siklus 1 menggunakan LAS 1 melalui contoh masalah realistik media manipulatif (melipat kertas) dan menggunakan garis bilangan, siklus 2 menggunakan LAS 2 melalui contoh masalah realistik media manipulatif (melipat kertas), dan menggunakan garis bilangan, siklus 3 menggunakan LAS 3 melalui contoh masalah realistik media manipulatif (melipat kertas), dan menggunakan garis bilangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) perencanaan pembelajaran di desain dengan sintaks: guru memberi contoh masalah realistik pecahan, pecahan senilai, urutan pecahan dengan media manipulatif dilanjutkan dengan garis bilangan, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yaitu bertanya/menjawab, berinteraksi dengan teman dalam menyelesaikan tugas, dan mempresentasikan hasil mengalami peningkatan, (3) sistem evaluasi pembelajaran siklus I dan II rata-rata validitas: 0,601, siklus III rata-rata: 0,675 kualitas soal baik, ( 4) terjadi peningkatan hasil belajar siklus I rata-rata 56 dengan ketuntasan 56,67%, siklus II rata-rata 61 dengan ketuntasan 73,67%, siklus III rata-rata 68,34 dengan ketuntasan 96,50 %. Kata kunci : aktivitas belajar, PMR, media manipulatif, hasilbelajar. This research aimed to analyze: (1) Learning planning design through manipulative media with using Realistic Mathematics Approach (RMA) (2) Learning activity with manipulative media through RMA (3) Learning evaluation system through realistic mathematics approach with using manipulative media (4) Improving students’ learning result after using manipulative media through realistic mathematics approach. Method was used Classroom Action Research with research subject that is students in 4A and 4B class at Sekolah Dasar Negeri 1 Sepang Jaya 2009/2010 which consist of 60 students, through three cycles. The action used Students’ Activity Sheet 1 (SAS 1), manipulative media (folding paper), and used numbers line. The action used SAS 2 through sample of realistic problem, manipulative media (folding paper), and used numbers line. Cycle III used SAS 3 in order to put fraction in right order through sample of realistic problem, manipulative media (folding paper), and using of numbers line. Based on finding above, there were some conclusion: (1) Planning of learning in designing with syntax: teacher presents realistic problem to fraction concept, the same worth fraction, ordered fraction, and using manipulative media with line numbers, (2) Students’ activity in learning process is asking/answering, interacting with other students in doing assignment, and presenting the improvement result. (3) Learning evaluation system in cycle I and II of average validity: 0.601, cycle III average: 0.675, good quality of test. (4) There is an average of learning result cycle I: 56 with 56.67% completeness, cycle II: 61 with 73.67%, cycle III: 68.34 with 96.50%. Key words: learning activity, Realistic Mathematics Problem, manipulative media, learning result.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:25 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15728 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |