PENINGKATAN AKTIVTAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, Komarudin (2011) PENINGKATAN AKTIVTAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
Perangkat Muka.pdf - Published Version

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (375Kb) | Preview
[img] Text
Tesis bab 4 dan 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (666Kb)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 5.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan model dan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa SMP Negeri 9 Metro Tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Penelitian Tindakan Kelas (action research). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi untuk memperoleh data aktivitas dan tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan analisis data awal (reduksi data, paparan data dan refleksi). Analisis data penelitian yang digunakan adalah tabulasi antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktivitas belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 5,65%, dari 61,02% pada siklus pertama menjadi 66,67% pada siklus kedua. Sedangkan dari siklus kedua ke siklus ketiga mengalami peningkatan sebesar 16,66%, dari 66,67% pada siklus kedua menjadi 83,33% pada siklus yang ketiga. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan antara siklus satu ke siklus dua yaitu sebesar 15,45%, dari 58,33% pada siklus yang pertama menjadi 77,78% pada siklus yang ke dua, dan dari siklus dua ke siklus tiga sebesar 16,66%, dari 77,78% pada siklus yang ke dua menjadi 94,44% pada siklus yang ke tiga. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi di Masyarakat, telah diuji terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro tahun pelajaran 2010/2011.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 May 2014 05:35
Last Modified: 10 May 2014 05:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item