PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 NEGERI AGUNG KABUPATEN WAY KANAN

1023011026, Heri Poniman PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 NEGERI AGUNG KABUPATEN WAY KANAN. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (724Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
abstract.pdf

Download (664Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 1.pdf

Download (3946Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 5.pdf

Download (1321Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 3.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar gambar.pdf

Download (344Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar isi.pdf

Download (977Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar pustaka.pdf

Download (836Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar tabel.pdf

Download (362Kb) | Preview
[img] FIle PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
bab 2.pdf

Download (16Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
sanwacana.pdf

Download (676Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode demonstrasi dan eksperimen, 2) perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah, 3) perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan rendah, 4) interaksi antara pembelajaran fisika dengan menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar , 5) interaksi antara pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 6) interaksi antara motivasi berprestasi dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 7) interaksi antara pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen, motivasi berprestasi dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMPN 3 Negeri Agung tahun 2011 yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas 7A dan 7E. Data diperoleh menggunakan angket, tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians (ANAVA) tiga jalur dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran, metode pembelajaran eksperimen memberikan hasil yang lebih baik daripada metode pembelajaran demonstrasi, 2) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar fisika yang signifikan, pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah, 3) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa, siswa dengan aktivitas belajar tinggi medapatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan aktivitas belajar rendah, 4) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa, 5) terdapat interaksi antara metode belajar dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 6) tidak ada interaksi antara motivasi berprestasi dengan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 7) tidak ada interaksi antara metode belajar, motivasi berprestasi dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: demonstrasi, eksperimen, motivasi, aktivitas, prestasi This study aims to analyze: 1) differences in student achievement are given learning method experimental and demonstration, 2) differences in physics learning achievement of students who have high achievement motivation and low, 3) differences in physics learning achievement of students who have studied high activity and low activity , 4) the interaction between learning physics by using demonstrations and experiments with achievement motivation on academic achievement, 5) the interaction between learning physics demonstrations and experiments using this method with learning activities on student achievement, 6) interaction between achievement motivation with learning activity for achievement student learning, 7) the interaction between learning physics demonstrations and experiments using this method, achievement motivation and learning activities on student achievement. This research is a quasi-experiment using 2x2x2 factorial design. This study population is grade 7 SMPN 3 Negeri Agung in 2011, amounting to 5 classes. Sampling using random cluster sampling, the class 7A and 7E. Data obtained using questionnaires, tests and observation. Data analysis techniques using Analysis of Variance (ANOVA) three ways and test t. The results showed that: 1) there are differences in achievement by using the method of learning, experimental learning method gives better results than the methods of teaching demonstrations, 2) there is no difference in learning achievement of significant physics, the students have high achievement motivation and low , 3) there is a difference in student achievement, students with high learning activities earn higher returns than low learning activities, 4) there is no interaction between learning method with achievement motivation, 5) there is interaction between the method of learning with the learning activities, 6) there is no interaction between achievement motivation with learning activities on learning achievement, 7) there is no interaction between learning method, achievement motivation and learning activities on student achievement. Keywords: demonstrations, experiments, motivation, activities, accomplishments

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:13
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15761

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir