PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN AWAL BERBEDA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011

, LEO CHARLI (2011) PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN AWAL BERBEDA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
Judul tesis.pdf - Published Version

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman depan Daftar isii.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
I.pdf - Published Version

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
II NEW.pdf - Published Version

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
III NEW.pdf - Published Version

Download (202Kb) | Preview
[img] Text
IV new.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175Kb)
[img]
Preview
Text
V.pdf - Published Version

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1324Kb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) interaksi antara kemampuan awal siswa dan pembelajaran kooperatif dengan prestasi belajar siswa, 2) perbedaan penguasaan konsep siswa antara yang belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan yang belajar melalui pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), 3) perbedaan penguasaan konsep melalui pembelajaran kooperatif pada siswa yang berkemampuan awal tinggi, 4) perbedaan penguasaan konsep melalui pembelajaran kooperatif pada siswa yang berkemampuan awal rendah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dan menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung, dengan sampel siswa kelas X1 dan X3, berjumlah 80 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan analisis varians dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dan pembelajaran kooperatif dengan prestasi belajar siswa dengan nilai P-value 0,051, (2) rata-rata penguasaan konsep siswa yang belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan nilai P-value 0,490 dan perbedaan rata-rata sebesar 4,75, (3) rata-rata penguasaan konsep siswa yang berkemampuan awal tinggi dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi daripada dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan perbedaan rata-rata 0,25 , (4) rata-rata penguasaan konsep siswa yang berkemampuan awal rendah dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan perbedaan rata-rata 9,75 . Kata kunci: kooperatif tipe STAD, kooperatif tipe Jigsaw, penguasaan konsep kimia.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 May 2014 05:38
Last Modified: 10 May 2014 05:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item