IMPLEMENTASI ONGOING ASSESSMENT BERBASIS RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

0713022011, Siti Ayu Kumala IMPLEMENTASI ONGOING ASSESSMENT BERBASIS RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (17Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (10Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (2332Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Indonesia.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (44Mb)
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
halaman persembahan.pdf

Download (3685b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (49Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penilaian (assessment) sebagai bagian integral dari seluruh proses belajar mengajar, merupakan proses penentuan nilai pengukuran yang sudah dibandingkan dengan acuan tertentu. BSNP telah mengatur standar penilaian pendidikan, salah satunya adalah penilaian hasil belajar oleh pendidik. Kenyataannya, banyak guru yang tidak melakukan penilaian sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Permasalahan yang terjadi jika penilaian tidak dilakukan sebagaimana mestinya adalah tidak semua anak memiliki tingkat pemahaman dan ingatan yang baik, sehingga banyak siswa yang menjadikan lupa sebagai alasan nilai mereka tidak memenuhi standar KKM. Keterampilan metakognisi siswa juga berhubungan langsung dengan hasil belajar siswa oleh karena itu diperlukan penerapan metode penilaian dan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan metakognisi siswa. Penerapan ongoing assessment berbasis reciprocal teaching diharapkan dapat memberi solusi atas permasalahan tersebut terutama di kelas XI IPA 1 SMAN 14 Bandar lampung. Siti Ayu Kumala Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan metakognisi siswa dan hasil belajar fisika siswa materi pokok fluida statis dan fluida dinamis kelas XI IPA 1 SMAN 14 Bandar Lampung. Melalui penelitian diketahui bahwa keterampilan metakognisi siswa dapat ditingkatkan dengan cara memberi kebebasan kepada siswa untuk mencari materi pembelajaran sendiri, merangkumnya, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang didapat. Berdasarkan hasil analisis keterampilan metakognisi, terjadi peningkatan keterampilan metakognisi siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I keterampilan metakognisi siswa sebesar 3,67 dengan katagori “Baik”, siklus II meningkat menjadi 3,81 dengan kategori “Baik”, dan siklus III meningkat menjadi 3,9 dengan katagori “Baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa juga meningkat terutama pada aspek kognitif dan afektif. Pada siklus I ratarata hasil belajar aspek kognitif siswa adalah 67,33, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,25, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar kembali meningkat menjadi 85,65. Pada aspek psikomotor terjadi peningkatan namun tidak besar. Pada siklus I rata-rata hasil belajar aspek psikomotor siswa adalah 71,29, kemudian siklus II meningkat sebesar 1,21 menjadi 72,5, dan siklus III rata-rata hasil belajar aspek psikomotor siswa meningkat sebesar 0,05 menjadi 73,0. Pada hasil belajar aspek afektif, siklus I yang mendapat nilai A dengan katagori “Sangat Baik” sebanyak 1 siswa, pada siklus II meningkat menjadi 5 siswa dan pada siklus III sebanyak 10 siswa. Kata Kunci: ongoing assessment, reciprocal teaching, keterampilan metakognisi, hasil belajar Assessment as an integral part of the whole teaching-learning process, a process of determining the measurement value is compared with the reference. BSNP has set the standard of educational assessment, one of which is assessment of learning outcomes by educators. In fact, many teachers who do not make an assessment in accordance with the standards set. The problems that occur if the assessment not done properly, is not all children have a level of understanding and good memories, so many students who make sure the reason they do not get the standard value of KKM. Students metacognition skills are also directly related to student learning outcomes is therefore required the application of methods of assessment and learning that can enhance student’s metacognition skills. The implementation of ongoing assessment based on reciprocal teaching is expected to provide solutions to these problems, especially in class XI IPA 1 SMAN 14 Bandar Lampung. Siti Ayu Kumala The purpose of this research was to describe the increase ofstudent’s metacognition skills and student learning outcomes, subject matter fluid physics and fluid dynamic static in class XI IPA 1 SMAN 14 Bandar Lampung. Through a research note that student’s metacognition skills can be improved by giving freedom to the students to look for their own learning materials, a resume, predict and evaluate the results obtained. Based on the analysis metacognition skills, student’s metacognition skills are increasing in each cycle. In the first cycle student’s metacognition skills is 3.67, with the category of "Good", cycle II increased to 3.81 with the category of "Good", and cycle III increased to 3.9 with the category of "Good". The results showed that the physics student learning outcomes also increased especially in the cognitive and affective aspects. In cycle I mean the cognitive aspects of student learning outcomes is 67.33, then on the second cycle increased to 81.25, and the average cycle III study results again increased to 85.65. Also in the psychomotor aspects has increased but not great. In cycle I, psychomotor aspects of student learning outcomes is 71.29, then the cycle II increased by 1.21 to 72.5, and average cycle III study results psychomotor aspects of students increased by 0.05 to 73.0. On the affective aspects of learning outcomes, the cycle I, the student got an A in the category of "Very Good" just 1 students, on the second cycle increases to 5 students and the third cycle are 10 students. Keywords: ongoing assessment, reciprocal teaching, metacognition skills, student learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:10
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir