MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI YANG BERORIENTASI PADA PICTORIAL RIDDLE (PTK di Kelas VIII – E SMPN 1 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2010/2011 )

1013071005, Rusini MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI YANG BERORIENTASI PADA PICTORIAL RIDDLE (PTK di Kelas VIII – E SMPN 1 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2010/2011 ). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Indonesia.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab1.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab2.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab3.pdf

Download (366Kb) | Preview
[img] File PDF
bab4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (274Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab5.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
halaman persembahan.pdf

Download (3647b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar persetujuan.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan skripsi.pdf

Download (4021b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (74Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran Sains SMP umumnya belum menggunakan metode/strategi yang dapat menarik minat belajar siswa. Rendahnya minat belajar disebabkan karena metode yang digunakan hanya menggunakan metode ceramah, siswa tidak terbiasa melakukan eksperimen sehingga Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa rendah. Rendahnya KPS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan penerapan pembelajaran inkuiri yang berorientasi pada teknik pictorial riddle dapat memberikan pengalaman bagi siswa agar tertarik terhadap pelajaran fisika dan dapat benar-benar memahami materi yang diberikan karena siswa melalui tahapan pembelajaran inkuiri, yaitu mendeskripsikan (1) cara meningkatkan KPS dan hasil belajar fisika siswa, (2) mengetahui peningkatan KPS siswa, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII – E SMPN 1 Sidomulyo Tahun Pelajaran 2010/2011. Rusini KPS siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran inkuiri yang berorientasi pada teknik pictorial riddle dengan cara menampilkan gambargambar yang menarik di mana dari gambar tersebut siswa dibimbing untuk merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, melakukan eksperimen, merumuskan kesimpulan, dan mengkomunikasikan kesimpulan. Selain itu, guru selalu memantau seluruh aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membagi siswa ke dalam kelompok berdasarkan kemampuan akademik. Sebelum siswa bekerja di dalam kelompok, guru selalu memberi arahan agar siswa mengerjakan LKK dengan teliti. Pada saat siswa bekerja di dalam kelompok, guru selalu membimbing setiap kelompok secara bergantian. Sebelum menutup pembelajaran, guru memberikan refleksi. Di akhir pembelajaran, guru memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok terbaik. Berdasarkan hasil analisis KPS diketahui bahwa Terjadi peningkatan KPS siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I minat belajar siswa sebesar 47,92 dengan kategori “Cukup Baik”, pada siklus II meningkat 11,8 menjadi 59,72 dengan kategori “Cukup Baik”, dan pada siklus III minat siswa kembali meningkat sebesar 10,77 menjadi 70,49 dengan kategori “Baik”. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60,28 dengan kategori “Tidak Tuntas”, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 7,78 menjadi 68,06 dengan kategori “ Tuntas”, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar kembali meningkat sebesar 8,33 menjadi 76,39 dengan kategori “Tuntas”. Kata Kunci: keterampilan proses, hasil belajar, inkuiri, pictorial riddle

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:09
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir