PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PTK pada Siswa Kelas VII F di SMPN 2 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2010/2011

1013111004, SRIWAHYUDI ANWAR. R NPM. PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PTK pada Siswa Kelas VII F di SMPN 2 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (8Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (1577Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR+DALAM.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (21Mb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (110Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada mata pelajaran Fisika merupakan indikasi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini belum optimal. Hal ini dilihat dari hasil belajar fisika siswa SMPN 2 Gadingrejo kelas VII F masih rendah yaitu rata-rata hasil belajar siswa adalah 42.90%, sedangkan standar nilai KKM yang ditetapkan di SMPN 2 Gadingrejo untuk siswa kelas VII F adalah 65. Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada materi Pemuaian zat melalui metode inkuiri terbimbing, (2) Meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Pemuaian zat. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan termasuk evaluasi didalamnya. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode inkuiri terbimbing, yang bertujuan memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri konsep-konsep Fisika dengan permasalahan yang 2 Sri Wahyudi Anwar.R diberikan atau dipilih oleh guru. Tahap-tahap pembelajaran inkuiri terbimbing terdiri dari: merumuskan masalah, membuat hipotesis, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, mengumpulkan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar fisika siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata aktivitas, dan hasil belajar fisika siswa yang selalu meningkat setiap siklusnya. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,13%, pada siklus II sebesar 78,23% dan pada siklus III sebesar 86,49%. Nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa pada siklus I sebesar 60,00%, pada siklus II sebesar 66,13% dan pada siklus III sebesar 70,33%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, dan penerapan metode inkuiri terbimbing

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:09
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15867

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir