PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI I SEPUTIH AGUNG TAHUN 2010-2011

, SUPRIYADI (2011) PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI I SEPUTIH AGUNG TAHUN 2010-2011. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (270Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB 1.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB II.pdf - Published Version

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB III.pdf - Published Version

Download (185Kb) | Preview
[img] Text
TESIS BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS BAB V.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (341Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penyusunan rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) sistem evaluasi, (4) peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media powerpoint. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri I Seputih Agung kelas IX semester ganjil tahun 2010-2011. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tindakan pada siklus pertama slide powerpoint, tindakan siklus kedua powerpoint dilengkapi dengan gambar, tindakan siklus ketiga powerpoint dilengkapi dengan gambar dan animasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus, dan observasi atau pengamatan yang dilakukan setiap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) nilai rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I skor 2,4 (kategori kurang) siklus II skor 3,1(kategori cukup) siklus III skor 4,1(kategori baik). 2) siswa yang aktif kelas IX A siklus 1 sebanyak 12 anak (31,57%), siklus II sebanyak 21 anak (55,26%), siklus III sebanyak 32 anak (84,21%). Kelas IX B siklus I sebanyak 11 anak (28,94%), siklus II sebanyak 19 anak (50%), siklus III sebanyak 29 anak (76,31%). 3) sistem evaluasi, validitas tes siklus I sebesar 0.51(kategori sedang) siklus II sebasar 0,54 (kategori sedang) siklus III sebesar 0,56 (kategori sedang). Reliabilitas tes siklus I 0,69 (Kategori tinggi) siklus II 0,82 (kategori sangat tinggi) siklus III 0,83(kategori sangat tinggi). Tingkat kesukaran siklus I sebesar 0,61 (kategori sedang) siklus II sebesar 0,63 (kategori sedang) siklus III sebesar 0,64 (kategori sedang). Daya pembeda siklus I sebesar 0,49 (kategori tinggi) siklus II sebesar 0,52 (kategori tinggi) siklus III sebesar 0,53 (kategori tinggi). 4) prestasi belajar siswa yang tuntas belajar kelas IX A siklus 1 sebanyak 14 anak (36,84%), siklus II sebanyak18 anak (47,36%), siklus III sebanyak 32 anak (84,21%). Kelas IX B siklus I sebanyak 13 anak (34,21%), siklus II sebanyak 17 anak (44,73%), siklus III sebanyak 30 anak (78,94%). Kata Kunci: powerpoint, prestasi belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 May 2014 05:57
Last Modified: 10 May 2014 05:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item