ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN PRODUK LPG 3 KG (Studi pada Masyarakat di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung)

0441011164, FITRIYANI ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN PRODUK LPG 3 KG (Studi pada Masyarakat di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0441011164-abstract.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0441011164-abstrak.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0441011164-kesimpulan.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0441011164-pendahuluan.pdf

Download (192Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masyarakat di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat merupakan wilayah penerima paket kompor gas klaster pertama dengan jumlah rumah tangga sebesar 1462 kepala keluarga. Masalah yang dialami masyarakat dalam penggunaan produk LPG 3 kg adalah masih terdapat keluarga yang tidak menerima paket kompor gas. Hal ini dikarenakan sikap dan perilaku masyarakat yang menganggap bahwa gas tidak bermanfaat dan berbahaya untuk digunakan, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah sikap dan perilaku konsumen dalam penggunaan produk LPG 3 kg di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung adalah baik atau tidak baik” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen dalam penggunaan produk LPG 3 kg di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian deskriptif explanatory dengan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif dari multiatribut Fishbein untuk mengukur sikap dan perilaku konsumen dalam menggunakan gas. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap dan perilaku konsumen dalam penggunaan produk LPG 3 kg di Kelurahan Penengahan Kecamatan Tanjungkarang Pusat adalah baik, berarti penilaian konsumen terhadap 7 (tujuh) atribut produk LPG yang ada belum mendapat nilai ideal, hanya ada satu atribut yang mendapat nilai ideal sangat baik bagi konsumen yaitu atribut kecepatan memasak. Penilaian konsumen mengenai atribut kualitas dan kemasan LPG, atribut praktis dan mudah memperoleh isi ulang LPG, atribut kebersihan, dan atribut media sosialisasi mendapat kategori baik. Atribut harga LPG mendapat nilai netral dan atribut keamanan masuk dalam kategori tidak baik. Hal ini menunjukkan bahwa atribut keamanan merupakan atribut yang sangat penting bagi konsumen dalam menggunakan LPG 3 kg. Agar mencapai nilai sikap dan perilaku yang ideal, perusahaan penyedia produk LPG 3 kg perlu memperhatikan kualitas dan kemasan LPG dengan cara melakukan penarikan layak edar pada tabung LPG yang berkarat, penyok dan bocor, serta memberikan jaminan atau garansi kepada konsumen apabila tabung LPG rusak sebelum digunakan. Dan bagi masyarakat harus berhati-hati dalam pemakaian kompor gas dengan cara memperhatikan petunjuk dan tata cara pemakaian kompor gas yang baik dan benar serta aman untuk digunakan. Kata kunci : sikap, perilaku, konsumen, LPG 3 kg.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:04
Last Modified: 18 Dec 2015 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item