0813023003, Della Amelia (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN. Digital Library.
|
File PDF
1. Cover.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. ABSTRAK FIX.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Penyetujuan.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI (Belum selesai).pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4 Sudah Fix.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (651Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5 Sudah Fix.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I Sudah Fix.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II Sudah Fix.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III fix.pdf Download (341Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomuni-kasikan siswa SMA YP Unila Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung tahun ajaran 2011-2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas mo-del pembelajaran problem solving ditunjukkan dengan uji-t dari N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,59 dan 0,47; t’hitung (2,90651) > ttabel (1,698). Rata-rata N-gain keterampilan mengkomunikasikan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,56 dan 0,47; thitung (2,22416) > ttabel (1,6622). Keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan koloid yang diterapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pem¬belajaran problem solving efektif da¬lam meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan siswa pada materi koloid. Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:07 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15908 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |