EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN

0813023003, Della Amelia (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. Cover.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. ABSTRAK FIX.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Penyetujuan.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI (Belum selesai).pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4 Sudah Fix.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (651Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5 Sudah Fix.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I Sudah Fix.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II Sudah Fix.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III fix.pdf

Download (341Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomuni-kasikan siswa SMA YP Unila Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung tahun ajaran 2011-2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas mo-del pembelajaran problem solving ditunjukkan dengan uji-t dari N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,59 dan 0,47; t’hitung (2,90651) > ttabel (1,698). Rata-rata N-gain keterampilan mengkomunikasikan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,56 dan 0,47; thitung (2,22416) > ttabel (1,6622). Keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan koloid yang diterapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pem¬belajaran problem solving efektif da¬lam meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan siswa pada materi koloid. Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:07
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15908

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir