, Yanti (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAHOMAN. Masters thesis, Fakultas KIP.
|
File PDF
abstract.pdf - Published Version Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1 new.pdf - Published Version Download (172Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB III.pdf - Updated Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (265Kb) |
||
|
File PDF
BAB II new.pdf - Published Version Download (303Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV new.pdf - Published Version Download (656Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V new.pdf - Published Version Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
L A M P I R A N.pdf - Published Version Download (202Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya kemampuan menulis siswa kelas V SDN 1 Pahoman. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun RPP Bahasa Indonesia pada KD menulis karangan narasi dengan teknik mind mapping, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada KD menulis karangan narasi melalui aktivitas siswa, (3) mendeskripsikan sistem evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada KD menulis karangan narasi dengan teknik mind mapping, dan (4) mendeskripsikan peningkatan nilai pembelajaran Bahasa Indonesia pada KD menulis karangan narasi dengan teknik mind mapping. Metode penelitian yang digunakan ialah PTK yang berlangsung 3 siklus. Siklus 1, peneliti membelajarkan cara membuat kerangka karangan dengan teknik mind mapping secara manual. Siklus 2, peneliti membelajarkan cara membuat kerangka karangan dengan teknik mind mapping secara audio visual menggunakan CD interaktif. Siklus 3, peneliti membelajarkan cara membuat kerangka karangan dengan teknik mind mapping secara visual menggunakan perangkat lunak mind mapping. Kesimpulan penelitian: (1) nilai RPP siklus I pertemuan I 3,6, pertemuan II 3,55, siklus II pertemuan I 3,8, pertemuan II 3,6, dan siklus III pertemuan I 4,0, pertemuan II 4,0; (2) Pada siklus I di Va 71% siswa aktif, siklus II 48,4%, dan siklus III 71%. Di Vb pada siklus I 75,8% siswa aktif, siklus II 87,9%, dan siklus III 84,8%; (3) Validitas instrumen tes siklus 1, 3 soal validitas sangat tinggi, 1 soal validitas tinggi, dan 1 soal validitas sangat rendah. Siklus 2, 1 soal validitas sangat tinggi, 3 soal validitas tinggi, dan 1 soal validitas sedang. Siklus 3, 3 soal validitas sangat tinggi, 1 soal validitas tinggi, dan 1 soal validitas sedang. Reliabilitas siklus 1 – 3 tinggi. (4) Terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan narasi setelah diadakan tindakan dengan teknik mind mapping. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menulis karangan narasi siswa. Ketuntasan klasikal di kelas Va pada siklus I 41,4%, siklus II 36,7%, dan siklus III 75%. Di kelas Vb siklus I 57,6%, siklus II 60,6%, dan siklus III 81,3%. Kata kunci : karangan narasi, teknik mind mapping
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > PN Literature (General) |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 May 2014 06:05 |
Terakhir diubah: | 10 May 2014 06:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1591 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |