PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAHOMAN

, Yanti (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAHOMAN. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
FIle PDF
abstract.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 1 new.pdf - Published Version

Download (172Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB III.pdf - Updated Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (265Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II new.pdf - Published Version

Download (303Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB IV new.pdf - Published Version

Download (656Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V new.pdf - Published Version

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
L A M P I R A N.pdf - Published Version

Download (202Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya kemampuan menulis siswa kelas V SDN 1 Pahoman. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menyusun RPP Bahasa Indonesia pada KD menulis karangan narasi dengan teknik mind mapping, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada KD menulis karangan narasi melalui aktivitas siswa, (3) mendeskripsikan sistem evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada KD menulis karangan narasi dengan teknik mind mapping, dan (4) mendeskripsikan peningkatan nilai pembelajaran Bahasa Indonesia pada KD menulis karangan narasi dengan teknik mind mapping. Metode penelitian yang digunakan ialah PTK yang berlangsung 3 siklus. Siklus 1, peneliti membelajarkan cara membuat kerangka karangan dengan teknik mind mapping secara manual. Siklus 2, peneliti membelajarkan cara membuat kerangka karangan dengan teknik mind mapping secara audio visual menggunakan CD interaktif. Siklus 3, peneliti membelajarkan cara membuat kerangka karangan dengan teknik mind mapping secara visual menggunakan perangkat lunak mind mapping. Kesimpulan penelitian: (1) nilai RPP siklus I pertemuan I 3,6, pertemuan II 3,55, siklus II pertemuan I 3,8, pertemuan II 3,6, dan siklus III pertemuan I 4,0, pertemuan II 4,0; (2) Pada siklus I di Va 71% siswa aktif, siklus II 48,4%, dan siklus III 71%. Di Vb pada siklus I 75,8% siswa aktif, siklus II 87,9%, dan siklus III 84,8%; (3) Validitas instrumen tes siklus 1, 3 soal validitas sangat tinggi, 1 soal validitas tinggi, dan 1 soal validitas sangat rendah. Siklus 2, 1 soal validitas sangat tinggi, 3 soal validitas tinggi, dan 1 soal validitas sedang. Siklus 3, 3 soal validitas sangat tinggi, 1 soal validitas tinggi, dan 1 soal validitas sedang. Reliabilitas siklus 1 – 3 tinggi. (4) Terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan narasi setelah diadakan tindakan dengan teknik mind mapping. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menulis karangan narasi siswa. Ketuntasan klasikal di kelas Va pada siklus I 41,4%, siklus II 36,7%, dan siklus III 75%. Di kelas Vb siklus I 57,6%, siklus II 60,6%, dan siklus III 81,3%. Kata kunci : karangan narasi, teknik mind mapping

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> PN Literature (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 May 2014 06:05
Terakhir diubah: 10 May 2014 06:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1591

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir