PENGARUH PENGGUNAAN DRY PORT TERHADAP BIAYA ANGKUT BATUBARA DI KAB. WAY KANAN

Hadyan Arifin Bustam, 1015011050 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN DRY PORT TERHADAP BIAYA ANGKUT BATUBARA DI KAB. WAY KANAN. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
0.COVER LUAR.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6.PERNYATAAN.pdf

Download (2955Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8.MOTO.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10.PERSEMBAHAN.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9.SANWACANA.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11.Thanks to.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12.DAFTAR ISI.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13.DAFTAR TABEL.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4.PERSETUJUAN.pdf

Download (25Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.PENGESAHAN.pdf

Download (26Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (633Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (799Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Provinsi Lampung sebagai gerbang pulau Sumatra memiliki pelabuhan yang bernama Pelabuhan Panjang yang dikelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero). Saat ini pelabuhan panjang mempunyai rencana mengembangkan terminal petikemas yang dapat berlokasi dipedalaman yaitu Dry Port. Dalam hal ini, Kabupaten Waykanan dinilai sebagai daerah yang ideal untuk membangun Dry Port dari segi geografis karena merupakan batas wilayah antara Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatra Selatan. Dari hasil analisis perhitungan pengangkutan batubara menggunakan moda angkutan truk dan moda angkutan kereta api, maka didapat hasil sebagai berikut: Pertama Pemilihan moda angkutan batubara pada setiap perusahaan dipengaruhi oleh letak tambang dan stockpile masing-masing perusahaan, sehingga dipilih moda yang paling efisien dan ekonomis dan dapat mengurangi kerusakan infrastruktur jalan raya hasil perbandingan biaya angkut bahwa biaya angkut moda angkutan kereta api lebih ekonomis dibandingkan moda angkutan truk dengan biaya angkut Rp.428,- per ton/km dan kereta api Rp. 608,- per ton/km untuk truk. Kedua, Hasil dari penelitian menunjukan bahwa mengkombinasi moda angkutan antara truk dan kereta api lebih ekonomis dibandingkan hanya menggunakan salah satu moda transportasi. Ketiga Untuk perusahaan swasta yang terkendala moda angkutan untuk peningkatan produksi. Perusahaan mendukung program PT. KAI untuk membuat jalur baru dan membuat jalur ganda, karena apabila jalur baru tersebut memiliki akses ke tambang dan stockpile perusahaan akan meningkatnya kapasitas lintas yang ada. Terakhir Dengan dibangunnya Dryport sebagai pelabuhan darat dapat mempermudah pengangkutan batubara melalui moda angkutan kereta api yang lebih ekonomis dan efisien. Kata kunci : Dry Port, Biaya Angkut, Batu Bara, Kabupaten Way Kanan ABSTRAK BAHASA INGGRIS Lampung province of Sumatra island as the gate has a port called Port of Long managed by PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero). Currently the length of the port has plans to develop container terminal which can be located inland namely the Dry Port. In this case, the District Waykanan considered as an ideal area to build the Dry Port in terms of geography as a boundary between the provinces of Lampung and South Sumatra. From the analysis of the calculation of the transport of coal used modes of transport trucks and transport modes rail, then showed the following results: First Selection of the mode of transport of coal on each company affected by the location of the mine and stockpile of each company, so that the chosen mode of the most efficient and economical and can reduce damage to the road infrastructure of transport cost comparison result that the cost of rail freight transport modes is more economical than the mode of transport trucks with freight costs Rp.428, - per ton / km and the train Rp. 608, - per ton / km for trucks. Second, the results of the research showed that combining transport modes between trucks and trains more economical than using only one mode of transportation. For the third private company constrained mode of transport for the increased production. The company supports the program PT. KAI to create new paths and create double track, because if the new path that has access to the mine and stockpile the company will increase the capacity of existing traffic. Lastly With the construction Dryport as land ports to facilitate the transport of coal via rail transport modes that are more economical and efficient. Keywords: Dry Port, Transport Costs, Coal Way Kanan District

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 6446306 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:22
Terakhir diubah: 22 Dec 2015 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16091

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir