1013071007, Yusnida Febriany. H (2012) UPAYA MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MEDIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT)DIINTEGRASIKAN PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (24Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (11Mb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (228Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas XI.MO.1 SMKN 1 Bakauheni pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 diduga karena siswa belum dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang monoton di kelas juga menyebabkan minat belajar fisika siswa rendah. Pembelajaran fisika yang tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan eksperimen dimana siswa melakukan berbagai macam percobaan menuntut guru bidang studi fisika harus kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan alat-alat praktikum sehingga siswa tidak hanya baik dalam segi kognitif tetapi juga baik pada keterampilan psikomotorik. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah penggunaan media pembelajaran dan metode Pembelajaran yang tepat yaitu menggunakan media ICT menggunakan program Macromedia Flash yang diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Kooperatif . Dengan demikian, siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran fisika, selain tertarik untuk mengikuti siswa juga mudah untuk memahami dan menguasai materi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk, mendeskripsikan cara meningkatkan serta mengukur hasil peningkatan minat, aktivitas, dan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media berbasis ICT yang diintegrasikan pada pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Kalor dan Perubahan wujud zat. Berdasarkan hasil analisis minat belajar diketahui bahwa nilai rata-rata minat belajar siswa pada siklus I sebesar 69.71 dengan kategori “Sedang”, lalu pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74.02 dengan kategori “Sedang” dan pada siklus III meningkat kembali menjadi 78.29 dengan kategori “Tinggi”. Kemudian rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 69.55 kategori “Cukup Aktif”; kemudian rata-rata aktivitas siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 4.01 menjadi 73.56 kategori “Cukup Aktif”; dan pada siklus III meningkat kembali sebesar 4.97 menjadi 78.53 dengan kategori “Aktif”. Peningkatan penguasaan materi fisika siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64.50 dengan kategori “Belum Tuntas”, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 4,33 menjadi 68.83 dengan kategori “Tuntas”, dan pada siklus III meningkat kembali sebesar 4,33 menjadi 73.16 dengan kategori ”Tuntas”.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:45 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16202 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |