1113123004, Untung Rahmat Riadi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 2 KOTA AGUNG TP 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (10Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (9Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (10Mb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (29Mb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (942Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Keberhasilan proses belajar mengajar disekolah tidak terlepas dari peran serta guru dalam menentukan suatu metode dan model yang efektif, sebab model pembelajaran memiliki peran yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Berbagai jenis penelitian menyatakan bahwa model atau pendekatan pembelajaran konvensional atau tradisional belum mampu menjadikan semua siswa di kelas bisa menguasai kompetensi pembelajaran terutama siswa yang kemampuan rendah. Aktivitas dan hasil belajar yang tinggi merupakan salah satu wujud nyata keberhasilan dalam proses pendidikan, namun di sekolah SMA Negeri 2 Kota Agung masih terdapat beberapa kelemahan dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga nilai yang diperoleh siswa tidak memenuhi standar (KKM). Hal ini disebabkan kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran Sejarah yang di anggap bahwa pelajaran Sejarah membosankan karena penyajian yang monoton. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan model debat. Penelitian tindakan kelas ini, ingin melihat apakah ada pengaruh dari perlakuan yang diberikan dan berapa besar pengaruh yang diberikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana model pembelajaran Debat yang dapat meningkatan hasil belajar Sejarah”. Tujuan penelitian ini adalah “ Untuk mengetahui sejauhmana penerapan model pembelajaran debat yang dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil tes formatif yang dilakukan dalam tiga siklus ternyata persentase peningkatan hasil belajar sejarah mengalami peningkatan yaitu dari 56,6, menjadi 60 menjadi 86,7 Kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran debat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:45 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16203 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |