PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 2 KOTA AGUNG TP 2011/2012

1113123004, Untung Rahmat Riadi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 2 KOTA AGUNG TP 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (10Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (10Mb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (29Mb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (942Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Keberhasilan proses belajar mengajar disekolah tidak terlepas dari peran serta guru dalam menentukan suatu metode dan model yang efektif, sebab model pembelajaran memiliki peran yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Berbagai jenis penelitian menyatakan bahwa model atau pendekatan pembelajaran konvensional atau tradisional belum mampu menjadikan semua siswa di kelas bisa menguasai kompetensi pembelajaran terutama siswa yang kemampuan rendah. Aktivitas dan hasil belajar yang tinggi merupakan salah satu wujud nyata keberhasilan dalam proses pendidikan, namun di sekolah SMA Negeri 2 Kota Agung masih terdapat beberapa kelemahan dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga nilai yang diperoleh siswa tidak memenuhi standar (KKM). Hal ini disebabkan kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran Sejarah yang di anggap bahwa pelajaran Sejarah membosankan karena penyajian yang monoton. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan model debat. Penelitian tindakan kelas ini, ingin melihat apakah ada pengaruh dari perlakuan yang diberikan dan berapa besar pengaruh yang diberikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana model pembelajaran Debat yang dapat meningkatan hasil belajar Sejarah”. Tujuan penelitian ini adalah “ Untuk mengetahui sejauhmana penerapan model pembelajaran debat yang dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil tes formatif yang dilakukan dalam tiga siklus ternyata persentase peningkatan hasil belajar sejarah mengalami peningkatan yaitu dari 56,6, menjadi 60 menjadi 86,7 Kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran debat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:45
Terakhir diubah: 29 Dec 2015 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16203

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir