PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN AKTVIFITAS DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS (PTK Pada Siswa Kelas X4 Sman 14 Bandar Lampung Tp.2010-2011)

0643023005, Desi Arisanti (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN AKTVIFITAS DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS (PTK Pada Siswa Kelas X4 Sman 14 Bandar Lampung Tp.2010-2011). Digital Library.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dalam.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia kelas X4 Negeri 14 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata tes formatif pada materi pokok larutan non-elektrolit dan elektrolit serta reaksi redoks TP 2009-2010 yaitu 60. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 hanya mencapai 45%, kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan di SMA Negeri 14 yaitu 100% siswa mencapai nilai ≥ 65. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkat- kan aktivitas dan penguasaan konsep kimia adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan (1) setiap jenis aktivitas on task, (2) penguasaan konsep kimia dan, (3) ketuntasan belajar siswa, melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi pokok larutan non SMA elektrolit dan elektrolit serta reaksi redoks dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 14 Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian terdiri dari data aktivitas on task dan data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan (1) setiap jenis aktivitas on task siswa yaitu aktif dalam diskusi sebesar 14,7% dan 9%; aktif bertanya kepada guru sebesar 7,4% dan 18,8%; mengemukakan pendapat sebesar 7,25% dan 5,5%; menjawab pertanyaan dari guru sebesar 8,6% dan 5,9%; (2) rata-rata penguasaan konsep sebesar 7,56% dan 5,36%; dan (3)ketuntasan belajar siswa sebesar 15,63% dan 6,25%.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: TIK . 6
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:44
Last Modified: 29 Dec 2015 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16212

Actions (login required)

View Item View Item