EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENERAPKAN KONSEP YANG DAPAT DITERIMA

0813023044, Ria Septiana (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENERAPKAN KONSEP YANG DAPAT DITERIMA. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
6. MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER BARU.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTTO.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
persetujuan.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I revisi.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II revisi.pdf

Download (231Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III revisi.pdf

Download (377Kb) | Preview
[img] FIle PDF
bab IV revisii.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (529Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Bab V revisi.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar pustaka 2.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam dalam meningkatkan kete¬rampilan memberi-kan penjelasan sederhana dan menerapkan konsep yang dapat diterima siswa SMAN 1 Gadingrejo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Gadingrejo kelas XI IPA3 seba¬gai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan uji-t dari n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan memberikan pen-jelasan sederhana kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,44 dan 0,12; thitung (2,88) > ttabel (1,67). Rata-rata n-Gain keterampilan menerapkan konsep yang dapat diterima kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,42 dan 0,20; thitung (2,23) > ttabel (1,67). Disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menerapkan konsep yang dapat diterima oleh siswa. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, meteri hidrolisis garam keteram-pilan memberikan penjelasan sederhana dan menerapkan konsep yang dapat diterima.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:41
Terakhir diubah: 29 Dec 2015 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16254

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir