PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN 08 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813053009, Siska Silvia Sari (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN 08 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (374Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cv.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar lampiran.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (3930b) | Preview
[img]
Preview
Text
pengantar.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (3894b) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (41Kb) | Preview

Abstrak

Latar belakang penelitian ini, didasarkan oleh adanya pengamatan dan wawancara terhadap guru di kelas IV SDN 08 Metro Selatan. Dari hasil pengamatan dan wawancara, pada pembelajaran PKn guru belum menggunakan model induktif dan kurang optimalnya pemanfaatan media pembelajaran. Pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kurang berani dalam bertanya maupun mengungkapkan pendapatnya. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Metro Selatan menggunakan model pembelajaran induktif dengan media gambar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau lazim disebut dengan Classroom Action Research. Prosedur penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar panduan observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru pada saat proses pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran induktif dengan media gambar serta menggunakan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran induktif dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 53,70% dengan peningkatan 7,77%, pada siklus II sebesar 64,07% dengan peningkatan 3,7% dan pada siklus III sebesar 82,96% dengan peningkatan 5,92%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya, nilai rata-rata siklus II meningkat dari siklus I yaitu 59,67 menjadi 63,67, sehingga terjadi peningkatan sebesar 4 dan nilai rata-rata siklus III menjadi 80,17, dengan peningkatan sebesar 16,5. Selain itu ketuntasan belajar meningkat dari 13 siswa (43,33%) disiklus I, menjadi 19 siswa (63,33%) disiklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 26 siswa (86,67%). Kata kunci : Model induktif, media gambar, aktivitas dan hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:41
Last Modified: 29 Dec 2015 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item