0813053019, Anita Puryanti (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
1. cover.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. halaman judul skripsi.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. pengesahan skripsi.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar grafik.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (228Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (359Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (659Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar. Hasil belajar merupakan realisasi dari kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara menggunakan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kemampuan berpikir siswa pada siklus I (31,67%), siklus II (46,36%), dan siklus III (63,3%). Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas V Sekolah Dasar (SD) dapat menggunakan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPS supaya kemampuan berpikir siswa dapat meningkat serta siswa tidak menganggap pembelajaran IPS membosankan. Kata kunci: Pendekatan keterampilan proses, kemampuan berpikir
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:42 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16270 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |