PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813053019, Anita Puryanti (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. halaman judul skripsi.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. pengesahan skripsi.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar grafik.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar lampiran.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (359Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (659Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar. Hasil belajar merupakan realisasi dari kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara menggunakan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kemampuan berpikir siswa pada siklus I (31,67%), siklus II (46,36%), dan siklus III (63,3%). Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas V Sekolah Dasar (SD) dapat menggunakan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPS supaya kemampuan berpikir siswa dapat meningkat serta siswa tidak menganggap pembelajaran IPS membosankan. Kata kunci: Pendekatan keterampilan proses, kemampuan berpikir

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 29 Dec 2015 03:42
Terakhir diubah: 29 Dec 2015 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16270

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir