0813053030, Fitka Afrillita (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA SDN 08 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
bab 1.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (229Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (349Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (549Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO urab.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman pernyataan.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan skripsi.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
revisi pasca seminar abstrak.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (97Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 08 Metro Timur. Siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum sebesar 55,56%, sementara itu nilai rata-rata kelas hanya sebesar 45,41. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 3 kali pertemuan. Alat pengumpulan data penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup aktif dengan rata-rata persentase 59,78%, siklus II kualifikasi aktif dengan rata-rata persentase 72,05% dan pada siklus III menjadi sangat aktif dengan rata-rata persentase 81,37%. Hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I yaitu sebesar 62,96% dengan rata-rata nilai 56,11, siklus II menjadi 74,07% dengan nilai rata-rata 66,11 dan pada siklus III meningkat menjadi 88,89% dengan rata-rata nilai menjadi 74,67. Peningkatan nilai rata-rata yang terjadi antara siklus I ke siklus II sebesar 10 dan siklus II ke siklus III sebesar 8,56. Kata kunci: model cooperative learning tipe jigsaw, aktivitas dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 03:41 |
Terakhir diubah: | 29 Dec 2015 03:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16274 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |