PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE ANTARA METODE INKUIRI DENGAN VERIFIKASI

Sukamto, BETI JUWITA SARI (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE ANTARA METODE INKUIRI DENGAN VERIFIKASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (274Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (263Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3729Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru menggunakan metode ceramah sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas, sehingga terkesan merugikan siswa terutama siswa yang berkemampuan rendah dan menambah kebosanan siswa pada pelajaran fisika. Model pembelajaran Exclusive berbasis inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran Exclusive antara metode inkuiri dengan verifikasi. Hasil belajar diukur dari skor N-gain hasil evaluasi pretest dan posttest. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/ 2014 di SMPN 3 Tegineneng. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII pada semester ganjil, sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIIA dan VIIB. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design Beti Juwita Sari dengan Tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas Exclusive berbasis inkuiri adalah 86,5 lebih tinggi dari nilai rata- rata hasil belajar siswa di kelas Exclusive berbasis verifikasi yaitu 81,5. Nilai thitung sebesar 3,415 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,042. Nilai thitung > ttabel dan signifikasi (0,001 < 0,05) maka H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Model pembelajaran Exclusive antara metode inkuiri dengan verifikasi. Kata kunci : Model pembelajaran Exclusive, inkuiri, verifikasi, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 May 2014 01:31
Terakhir diubah: 20 May 2014 01:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir