Sukamto, BETI JUWITA SARI (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE ANTARA METODE INKUIRI DENGAN VERIFIKASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (274Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (263Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (3729Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru menggunakan metode ceramah sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas, sehingga terkesan merugikan siswa terutama siswa yang berkemampuan rendah dan menambah kebosanan siswa pada pelajaran fisika. Model pembelajaran Exclusive berbasis inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran Exclusive antara metode inkuiri dengan verifikasi. Hasil belajar diukur dari skor N-gain hasil evaluasi pretest dan posttest. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/ 2014 di SMPN 3 Tegineneng. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII pada semester ganjil, sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIIA dan VIIB. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design Beti Juwita Sari dengan Tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test didapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas Exclusive berbasis inkuiri adalah 86,5 lebih tinggi dari nilai rata- rata hasil belajar siswa di kelas Exclusive berbasis verifikasi yaitu 81,5. Nilai thitung sebesar 3,415 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,042. Nilai thitung > ttabel dan signifikasi (0,001 < 0,05) maka H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan Model pembelajaran Exclusive antara metode inkuiri dengan verifikasi. Kata kunci : Model pembelajaran Exclusive, inkuiri, verifikasi, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 May 2014 01:31 |
Terakhir diubah: | 20 May 2014 01:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1632 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |