Galih Wahyu Pratama, 0853023021 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DAN GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI DAN KOMUNIKASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (411Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (298Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam, basa dan garam dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 170 siswa, tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, maka diperoleh kelas VII3 dan VII4 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan klasifikasi dan komunikasi kelas eksperimen yaitu 0,52 dan 0,65 sedangkan kelas kontrol yaitu 0,42 dan 0,43. Berdasarkan uji hipotesis (uji t), diketahui bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam, basa dan garam efektif dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan komunikasi. Kata kunci: keterampilan klasifikasi, keterampilan komunikasi, inkuiri terbimbing
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2128055 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Dec 2015 06:54 |
Terakhir diubah: | 30 Dec 2015 06:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16440 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |