EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DAN GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI DAN KOMUNIKASI

Galih Wahyu Pratama, 0853023021 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DAN GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI DAN KOMUNIKASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam, basa dan garam dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 170 siswa, tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, maka diperoleh kelas VII3 dan VII4 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan klasifikasi dan komunikasi kelas eksperimen yaitu 0,52 dan 0,65 sedangkan kelas kontrol yaitu 0,42 dan 0,43. Berdasarkan uji hipotesis (uji t), diketahui bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam, basa dan garam efektif dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan komunikasi. Kata kunci: keterampilan klasifikasi, keterampilan komunikasi, inkuiri terbimbing

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 2128055 . Digilib
Date Deposited: 30 Dec 2015 06:54
Last Modified: 30 Dec 2015 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16440

Actions (login required)

View Item View Item